@thesis{thesis, author={Dr. Yula Miranda M.Pd and Rina Aida ACD115086 and Shanty Savitri S.Si.}, title ={MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI DI KELAS X SMA NU PALANGKA RAYA}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/177/}, abstract={Aida, Rina. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ruang Lingkup Biologi di Kelas X SMA NU Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Palangka Raya. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Yula Miranda, M.Pd., (2) Ibu Shanty Savitri, S.Si. M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, kognitif, afektif, psikomotor, hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dengan guru Biologi di SMA NU Palangka Raya diperoleh informasi bahwa pada saat pembelajaran berlangsung di kelas banyak siswa yang berbicara dengan temannya diluar materi yang diajarkan sehingga berpengaruh pada kondisi kelas yang tidak kondusif. Permasalahan tersebut diduga karena guru belum menemukan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik materi yang diajarkan sehingga berpengaruh terhadap hasil pembelajaran IPA siswa kelas X dari tahun ke tahun tidak terdapat peningkatan secara signifikan khususnya pada materi Ruang Lingkup Biologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik, dan mengetahui deskriptif hasil belajar ranah afektif dan psikomotor yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-IPA yang hanya terdiri dari 1 kelas. Dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Pengumpulan data hasil belajar ranah kognitif berupa soal tes pilihan ganda berjumlah 20 soal tes, data hasil tes dianalisis menggunakan uji N-Gain. Pengumpulan data hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan instrumen berupa lembar observasi yang dikumpulkan selama proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ranah kognitif pada materi Ruang Lingkup Biologi di kelas X IPA SMA NU Palangka Raya, ditunjukkan berdasarkan hasil N-gain adalah sebesar 0,63 kriteria peningkatan termasuk sedang. Penilaian pada ranah afektif meliputi karakter peserta didik yang terdiri dari menunjukkan rasa ingin tahu, mengusulkan pertanyaan dan pendapat, ketekunan terhadap tanggung jawab terhadap kelompok diskusi, hasil penelitian pada ranah afektif adalah baik dengan skor 80,6. Hasil penelitian pada ranah psikomotor menunjukkan keterampilan dalam menyampaikan hasil diskusi adalah baik dengan skor 82.} }