@thesis{thesis, author={Mifta Duliah ACD115013}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 2 BANAMA TINGANG KABUPATEN PULANG PISAU}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/236/}, abstract={Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 2 Banama Tingang, menunjukkan peserta didik masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntusan minimal, peserta didik di kelas X SMA Negeri 2 Banama Tingang umumnya tidak terampil dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, berdiskusi, dan kerja sama dalam kelompok, sehingga menjadi penyebab tidak maksimalnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, serta untuk mengetahui sebaran skor peserta didik pada ranah afektif dan ranah psikomotor pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Rancangan penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Penelitian dilakukan pada dua kelas XMIA-2 (kelas eksperimen) dan kelas XMIA-1 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data hasil belajar peserta didik ranah kognitif menggunakan soal tes objektif berbentuk soal pilihan ganda dan data aktivitas belajar peserta didik pada ranah afektif dan ranah psikomotor menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 2 Banama Tingang. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif berdasarkan hasil analalisis uji-t bahwa thitung (2,1) > ttabel (2,01) dengan taraf signifikan 5%, dan N-Gain pada taraf sedang dengan nilai sebesar 0,51. Sebaran skor peserta didik pada ranah afektif dikategorikan baik (70-75), dan sebaran skor peserta didik pada ranah psikomotor dikategorikan baik (75-77) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, hasil belajar, Pencemaran Lingkungan.} }