@thesis{thesis, author={Karlinah Salamanya 19571225 198203 2 001 and Mustia Sendes Novi Tahua ACA115092 and Syahrianah Syahran 19541122 198303 2 001}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALANGKA RAYA}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/248/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya yaitu kurang dari 50% siswa yang mencapai standar KKM sekolah yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi dengan model pembelajaran NHT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes akhir hasil belajar. Soal tes akhir belajar sebanyak 5 butir soal ditelaah oleh 3 orang penelaah, yaitu dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika UniversitasPalangka Raya dan seorang guru matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Palangkaraya. Aktivitas gurudan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tahun ajaran 2019/2020 di kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya terlaksana sangat baik dengan presentase aktivitas guru sebesar 84,14% dan presentase aktivitas siswa sebesar 78,54%. Dengan menggunakan model pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, antusias, berani menyampaikan pendapat dan percaya diri. Dari hasil tes akhir materi relasi dan fungsi yang diberikan kepada 31 orang siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020, sebanyak 21 orang siswa tuntas dan 10 orang tidak tuntas. Presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 67,74%. Sedangkan tingkat ketercapaian belajar siswa adalah 81,39% artinya penguasaan belajar siswa secara keseluruhan terhadap materi tersebut sangat tercapai. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan NHT secara klasikal meningkat dari sebelumnya kurang dari 50%menjadi 67,74%.} }