@thesis{thesis, author={Dr.Yula Miranda M.Pd and Olivia Ashari ACD114016 and Prof.Dr.Agus Haryono M.Si}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MELALUI PEMANFAATAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 4 MUARA TEWEH}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/36/}, abstract={Hasil observasi di kelas X di SMA Negeri 4 Muara Teweh masih belum ada yang melakukan penelitian tentang model pembelajaran Group Investigation yaitu metode pembelajaran yang lebih variatif sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa yang di tunjukkan secara optimal melalui sikap percaya diri, disiplin, inisiatif dan bertanggung jawab siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation melalui pemanfaatan smartphone terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 4 Muara Teweh. metode yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen dan desain pretest posttest control one group design. Populasi penelitian berjumlah 5 kelas dengan sampel yang di gunakan adalah kelas X Mia 1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X Mia 2 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen jenis data yang di peroleh adalah data interval yang dikumpulkan melalui soal tes untuk hasil belajar yang di analisi menggunakan uji-1, mengukur peningkatan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan N-Gain, sedangkan kemandirian belajar diperoleh data nominal yang dikumpulkan melalui lembar observasi.Data dikuantitatifkan untuk dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung (5,263)> t tabel (1,681). Kesimpulannya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 4 Muara Teweh. Mode pembelajaran kooperatif Group Investigation lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran biologi hal ini ditunjukkan dengan perolehan N-Gain skor kelas eksperiemn adalah sebesar 0,7324 termasuk dalam kategori tinggi. mode pembelajaran kooperatif Group Investigation membuat siswa lebih percaya diri, lebih disiplin, lebih inisiatif dan lebih bertanggung jawab yaitu dilihat dari persentase skor atau kemandirian siswa dikelas eksperimen yaitu pada idikator percaya diri (3,00), disiplin (3,00), bertanggung jawab (3,10), dan inisiatif (3,43).} }