@thesis{thesis, author={Esty Pan Pangestie M.Psi and Oktamia Karuniaty. S M.Pd and Pransiska Septiani AFB116028}, title ={PERBANDINGN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PESERTA DIDIK PEREMPUAN DI SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/365/}, abstract={Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang menyangkut hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia. Khususnya remaja, sebagai makhluk sosial dituntut memiliki kemampuan penyesuaian sosial yang baik. Kegagalan remaja dalam menguasai kemampuan sosial akan menyebabkan remaja sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara penyesuaian sosial peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan di kelas VII-1 SMP Negeri 6 Palangka Raya. Dengan jumlah sample 20 siswa, 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dengan menggunakan instrument kuesioner berdasarkan aspek-aspek penyesuaian sosial, alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian sosial teori dari Hurlock dengan reliabilitas (?)=0,899 dan 30 item valid. Teknik uji yang digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini digunakan Independent sample t-test. Berdasarkan tabel output ?independent samples test? pada bagian ?equal variances assumed? diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,55 > 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan (nyata) antara rata-rata penyesuaian sosial siswa perempuan dan siswa laki-laki. Hasil penelitian mengenai perbandingan penyesuaian sosial antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Negeri 6 Palangka Raya ternyata menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan. Sehingga penyesuaian sosial pada siswa laki-laki dan siswa perempuan adalah sama. Karena individu dapat bertindak sesuai dengan situasi sosial yang ada, perempuan maupun laki-laki. Kata kunci : Penyesuaian sosial, peserta didik, laki-laki, perempuan.} }