@thesis{thesis, author={Dra. Uminastuti M.Pd and Emy Artuti S.Si and Nia Emiyanta ACA116040}, title ={Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Di Kelas XI SMA Negeri 1 Palangka Raya}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/410/}, abstract={ABSTRAK Emiyanta, Nia. 2020: Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Di Kelas XI SMA Negeri 1 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (I) Dra. Uminastuti, M.Pd, (II) Emy Artuti, S.Si, M.Pd Kata Kunci: Identifikasi Kesalahan, Program Linear Program Linear adalah salah satu materi matematika SMA/MA berupa metode matematika yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan tunggal atau himpunan penyelesaian seperti memaksimumkan atau meminimumkan keuntungan. Berdasarkan hasil dari nilai yang diperoleh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Palangka Raya pada materi program linear pada tahun ajaran 2019/2020 hampir setengah siswa melakukan kesalahan dan mendapat nilai rendah yang terlihat dari nilai ulangan harian siswa dalam menyelesaikan soal program linear yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palangka Raya sebanyak 36 siswa dengan diwakili 3 siswa untuk diwawancarai. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dan Whatsapp Messenger. Tes dalam penelitian ini berupa 3 butir soal program linear dua variabel. Soal tes yang digunakan terlebih dahulu ditelaah oleh tiga orang rater yang terdiri dari dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan satu orang guru matematika yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Palangka Raya. Dari hasil telaah tiga orang rater tersebut seluruh soal dinyatakan dapat digunakan untuk pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal Program Linear Dua Variabel terletak pada aspek kesalahan: (a) fakta yaitu tidak memahami jenis variabel yang sama sehingga kurang tepat baik dalam memisalkan maupun membuat model masalah, lalu pada saat mengubah suatu kalimat ke dalam penulisan simbol matematika; (b) Kesalahan konsep yaitu kesalahan dalam menulis persamaan pada saat mencari nilai x dan y; (c) Kesalahan Operasi yaitu kesalahan dalam melakukan perhitungan pada saat menentukan hasil dari nilai rumus fungsi tujuan; (d) Kesalahan Prinsip yaitu kesalahan dalam menuliskan rumus fungsi tujuan dan kesalahan dalam menggambar grafik dimana tidak menuliskan nilai titik potong dan tidak mengarsir daerah hasil penyelesaian. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah kurangnya pengetahuan tentang materi prasyarat persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel, kurang memahami isi materi yang menyangkut penggunaan aturan atau prinsip.} }