@thesis{thesis, author={Drs. Pantur Pandiangan M.Pd and Drs. Walter Punding M.Pd and Rifanda Karmani Tarigan ACA116031}, title ={IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP KRISTEN PALANGKA RAYA}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/413/}, abstract={ABSTRAK Tarigan, Rifanda Karmani. 2020. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (I) Drs. Pantur Pandiangan, M.Pd., (II)Drs. Walter Punding, M.Pd. Kata Kunci: Identifikasi Kesalahan, Relasi dan Fungsi Relasi dan fungsi merupakan salah satu materi ajar matematika dikelas VIII SMP semester ganjil. Berdasarkan dari hasil evaluasi siswa kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020 hanya 60% dari 35 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi siswa kelas kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 33 siswa dan dipilih 3 siswa untuk diwawancarai. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis dengan bentuk soal uraian dan wawancara. Tes dalam penelitian ini adalah 4 butir soal relasi dan fungsi yang divalidasi oleh tiga orang raters dan dinyatakan seluruh soal dapat digunakan untuk mengambil data. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 50% siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi. Kesalahan yang dilakukan subjek penelitian: (a) kesalahan fakta, yaitu kesalahan yang dilakukan siswa dalam menuliskan atau menentukan simbol-simbol pada soal relasi dan fungsi yang meliputi kesalahan dalam menuliskan simbol himpunan dan range; (b) kesalahan konsep, yaitu kesalahan dalam memahami konsep relasi dan fungsi yang benar seperti konsep bilangan cacah, kesalahan dalam membedakan relasi dan fungsi serta kesalahan dalam membedakan fungsi dan bukan fungsi; (c) kesalahan operasi, kesalahan yang dilakukan siswa pada perhitungan sehingga menghasilkan hasil akhir yang tidak tepat; (d) kesalahan prinsip, yaitu kesalahan dalam menentukan rumus atau cara untuk menentukan titik-titik pada grafik fungsi. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi, yaitu: (a) Pengetahuan, berupa kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi yang sudah dipelajari atau materi prasyarat. (b) Pemahaman, berupa kurangnya kemampuan siswa dalam memahami isi materi relasi dan fungsi yang telah disampaikan oleh guru. (c) penerapan, berupa kurangnya kemampuan menerapkan penggunaan aturan atau prinsip.} }