@thesis{thesis, author={Drs. Sunaryo A.I. M.Pd and Oktamia Karuniaty. S M.Pd and Yulitae AFB114040}, title ={PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS XI APK 3 SMK NEGERI 2 PALANGKA RAYA}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/426/}, abstract={Kata Kunci : Kedisiplinan Siswa, Proses Pembelajaran, Teknik Role Playing. Kedisiplinan belajar tidak tumbuh dengan sendirinya tetapi memerlukan suatu latihan maupun belajar yang akhirnya dapat membentuk suatu sikap pada diri seseorang untuk berbuat disiplin belajar, sehingga kedisiplinan belajar dapat menjadikan suatu kebutuhan dari seseorang dalam kehidupannya. Adapun kecenderungan dalam kedisiplinan belajar siswa, (1) siswa terlambat masuk kelas, (2) sering izin keluar kelas dengan alas an ketoilet padahal pergi ke kantin, (3) bermain handphone saat berlangsungnya pelajaran, dan (4) mengobrol dengan teman pada saat jam pelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik role playing dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Palangka Raya. Untuk mengetahui sejauh mana teknik Role playing dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran di kelas XI APK 3 SMK Negeri 2 Palangka Raya. Metodologi penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian pre-eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 3, tahun ajaran 2019/2020. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 3. Hasil penelitian ini adalah, teknik role playing mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, hasilnya diperoleh dari hasil uji t dengan hasil t hitung adalah 5,221. Hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel 2,262 (5,221, ? 2,262) pada db= n-1 pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan teknik role playing.} }