@thesis{thesis, author={Dr. Yula Miranda M.Pd and olivia ashari ACD114016 and Prof.Dr. Agus Haryono M.Si}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MELALUI PEMANFAATAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 4 MUARA TEWEH}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/44/}, abstract={Hasil observasi di kelas X di SMA Negeri 4 Muara Teweh masih belum ada yang melakukan penelitian tentang model pembelajaran Group Investigation yaitu metode pembelajaran yang lebih variatif sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa yang ditunjukkan secara optimal melalui sikap percaya diri, disiplin, inisiatif dan bertanggung jawab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation melalui pemanfaatan smartphone terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 4 Muara Teweh. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen dan desain pretest posttest control one group design. Populasi penelitian berjumlah 5 kelas dengan sampel yang digunakan adalah kelas X MIA-1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA-2 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Jenis data yang diperoleh adalah data interval yang dikumpulkan melalui soal tes untuk hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t, mengukur peningkatan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan N-Gain, sedangkan kemandirian belajar diperoleh data nominal yang dikumpulkan melalui lembar observasi. Selanjutnya data dikuantitatifkan untuk dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai thitung (5,263) > ttabel (1,681). Kesimpulannya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 4 Muara Teweh. Model pembelajaran kooperatif Group Investigation lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran biologi hal ini ditunjukkan dengan perolehan N-Gain skor kelas eksperimen adalah sebesar 0,7324 termasuk dalam kategori tinggi. Model pembelajaran kooperatif Group Investigation membuat siswa lebih percaya diri, lebih disiplin, lebih inisiatif dan lebih bertanggung jawab yaitu dilihat dari persentase skor rata-rata kemandirian siswa di kelas eksperimen yaitu pada indikator percaya diri (3,00), disiplin (3,00), bertanggung jawab(3,10) dan inisiatif (3,43).} }