@thesis{thesis, author={Dr. Yula Miranda M.Pd and Dra. Sri Puryaningsih M.Pd. and Frengky Lesmana ACD115066}, title ={PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA}, year={2019}, url={http://repository.upr.ac.id/72/}, abstract={ABSTRAK Lesmana, Frengky. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Di Kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bilogi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (I) Dr. Yula Miranda, M.Pd., (II) Dra. Sri Puryaningsih, M.Pd. Hasil belajar adalah tingkatan keberhasilan yang dapat dicapai oleh seorang peserta didik berdasarkan pengalaman yang diperoleh saat proses belajar. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 8 Palangka Raya, khususnya di kelas VII, permasalahan yang terjadi yaitu kurang maksimalnya hasil belajar yang diraih peserta didik saat dilakukan tes maupun evaluasi oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar ranah afektif peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya yang dibelajarkan melalui model Discovery Learning pada materi ciri-ciri makhluk hidup; dan (2) mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) rancangan penelitian yang digunakan adalah None-equivalent Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling, yaitu untuk kelas eksperimen (VII.5) dan kelas Kontrol (VII.7) dengan peserta didik masing-masing berjumlah 34 orang. Data hasil belajar afektif dikumpulkan dengan lembar observasi sikap. Data hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 butir, dan dianilisis menggunakan uji-t. Penelitian tentang hasil belajar ranah afektif tentang kerjasama, keaktifan, rasa ingin tahu, dan disiplin. Untuk kelas eksperimen keempat indikator yang diukur memperoleh predikat rata-rata baik dan untuk kelas kontrol memperoleh predikat rata-rata cukup baik dari keempat indikator yang diukur. Kesimpulan hasil belajar ranah afektif peserta didik berdasarkan rata-rata penilaian indikator, maka kelas eksperimen termasuk kategori baik. Hasil penelitian tentang hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh thitung (6,81) > ttabel (1,66) dengan taraf signifikan 5%, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hipotesis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik yang dibelajarkan melalui materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Afektif, Kognitif, Ciri-Ciri Makhluk Hidup.} }