@thesis{thesis, author={Andriani Fitri}, title ={Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas merek dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi empiris pada pelanggan Bus Rosalia Indah)}, year={2009}, url={http://repository.widyamandala.ac.id/758/}, abstract={Penelitian ini mengambil bidang Manajemen Pemasaran, dengan topik pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas merek melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dengan (studi empiris pada pelanggan bus Rosalia Indah). Penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas merek, pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas merek. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan bus Rosalia Indah dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis jalur, koefisien determinasi R2, analisis korelasi, uji hipotesis yaitu uji t. Dari hasil analisis jalur untuk pengaruh variabel kualitas layanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) diperoleh β sebesar 0,924, untuk pengaruh variabel kepuasan pelanggan (Y) terhadap loyalitas merek (Z) diperoleh β sebesar 0,504, untuk kualitas layanan (X) terhadap loyalitas merek (Z) melalui kepuasan pelanggan (Y) sebagai variabel intervening sebesar 0,459 dan besarnya pengaruh tidak langsung sebesar 0,924 x 0,504 = 0,466. Karena pengaruh tidak langsung lebih besar daripada pengaruh langsung maka hubungan yang sebenarnya adalah tidak langsung. Jadi kepuasan pelanggan (Y) memediasi kualitas layanan (X) dan loyalitas merek (Z). Jadi kepuasan pelanggan (Y) yang tinggi, maka loyalitas merek akan tinggi pula. Begitu juga dengan pelanggan akan puas jika kualitas layanan yang diberikan tinggi maka loyalitas merek akan tinggi juga.} }