@thesis{thesis, author={Lestari Dyah Ayu}, title ={Pengaruh penggunaan handphone dan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa}, year={2020}, url={http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24009/}, abstract={Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan handphone terhadap prestasi akademis siswa? 2). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa? 3). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan handphone dan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1). Pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi akademis siswa, 2). Pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa, 3). Pengaruh penggunaan handphone dan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK PGRI Wonoasri, tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 180 siswa. Jumlah sampel yang digunakan untuk subjek penelitian adalah 119 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data angket dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Pengaruh penggunaan handphone dan kecerdasan emosi memberi sumbangan sebesar 11% terhadap prestasi akademis siswa, sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan handphone terhadap prestasi akademis siswa diterima ( thitung 3,101 > ttabel 1,980), 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa ditolak (thitung -0,035 < ttabel 1,980), 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan handphone dan kecerdasan emosi terhadap prestasi akademis siswa diterima (Fhitung 7,136 > Ftabel 3,07). Kata kunci : pengaruh penggunaan handphone, kecerdasan emosi, prestasi akademis siswa.} }