@thesis{thesis, author={Leonard Levin }, title ={Pengaruh relationship oriented promotion terhadap satisfaction, trust, commitment, dan customer loyalty pada member Matahari Club Card (MCC) di Surabaya}, year={2017}, url={http://repository.wima.ac.id/id/eprint/9890/}, abstract={Pertumbuhan bisnis Ritel di Indonesia terus berkembang setiap tahunnya. Hal ini mengakibatkan persaingan antar retailer yang menjadi semakin sengit. Berbagai macam strategi pun dikembangkan demi medapatkan konsumen yang memiliki loyalitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari relationship oriented promotion terhadap satisfaction, trust, commitment, dan customer loyalty pada konsumen di Matahari Department Store Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 150 responden sebagai sampel. Responden yang dipilih adalah responden yang memiliki kartu member Matahari Club Card (MCC) di Surabaya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dan menggunakan program LISREL. Hasil dari penelitian ini adalah relationship oriented promotion memiliki pengaruh positif terhadap satisfaction dan trust, satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap commitment dan customer loyalty, trust memiliki pengaruh positif terhadap commitment dan customer loyalty, serta commitment memiliki pengaruh positif terhadap customer loyalty di Matahari Department Store Surabaya.} }