@thesis{thesis, author={Faqih }, title ={Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Berbasis Macromedia Flash Untuk SMP/MTs Kelas VII.}, year={2016}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1051/}, abstract={Pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran menjadi tanggung jawab seorang guru dengan cara menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran yang dapat menperjelas konsep yang abstrak. Salah satunya dengan menggunakan software Macromedia Flash yang dapat dimanfaatkan untuk membuat animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Flash. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Karimiyyah Beraji. Instrumen yang digunakan adalah (1) Angket validasi ahli media; (2) Angket validasi ahli materi; dan (3) Angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata total aspek kemudian dibandingkan dengan kriteria penilaian skala 5 (sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang). Rata-rata skor total yang didapatkan pada angket ahli media adalah 3,36 Yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan ahli materi diperoleh rata-rata skor total sebesar 3,64 dengan kategori penskoran sangat baik. Hasil respon siswa terhadap media didapatkan rata-rata skor total untuk semua aspek (rasa senang, keingintahuan, perhatian, ketertarikan) termasuk dalam kategori sangat positif yakni 90,625%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran elektronik berbasis flash layak digunakan sebagai alternatif media untuk materi kalor dan perpindahannya. Kata kunci: Media pembelajaran, Macromedia Flash 8, Kalor} }