@thesis{thesis, author={Rofiudin Rofiuddin}, title ={Pengaruh Pelayanan, Fasilitas Dan Lingkungan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada UPT. Puskesmas Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep}, year={2018}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1076/}, abstract={Kemajuan dunia kesehatan yang semakin tinggi didukung dengan suatu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin memperluas pengetahuan mengenai tenaga medis dan kesehatan yang ada. Maka menambah tuntutan masyarakat pada suatu mutu pelayanan kesehatan yang baik dan bagus. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas Pasongsongan. (2) Mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas Pasongsongan. (3) Mengetahui pengaruh lingkungan terhadap kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas Pasongsongan.(4) Mengetahui pengaruh pelayanan, fasilitas dan lingkungan secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien pada UPT. Puskesmas Pasongsongan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekniknonprobability sampling berupa sampling insidental,sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner, yang kemudian diolah menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya Pelayanan yang baik akan menciptakan peningkatan kepuasan pasien.(2) Fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya fasilitas yang mendukung dapat meningkatkan kepuasan pasien. (3) Lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya Lingkunagn yang kondosif akan tercipta peningkatan kepuasan pasien. (4) Pelayanan, Fasilitas dan Lingkungan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata kunci: Pelayanan, Fasilitas, Lingkungan dan Kepuasan} }