@thesis{thesis, author={Imaniyah Siti}, title ={Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN Marengan Laok 1 Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016}, year={2016}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1087/}, abstract={Pembelajaran berbasis IPA adalah pembelajaran yang menjadikan IPA sebagai metode atau pendekatan dalam proses belajarmengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakanmetode ceramahdenganmedia kartu bergambardan tanpa media kartu bergambar.Jenis data adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian di kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel data menggunakan carapurposive sampling. Cara mengambil data penelitian yaitu dengan tes obyektif dan observasi.Instrumen penelitian yaitu instrumen tes dan non tes.Data hasil belajar di analisis menggunakanuji t sampel bebas.Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 79,11%, sedangkan kelas kontrol sebesar 61,95% dengan nilai signifikansi 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan metode ceramah berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 89%.Namun hanya saja pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang berbeda. Kata kunci : media kartu bergambar dan hasil belajar kognitif} }