@thesis{thesis, author={Fitriani Yeni}, title ={Pengembangan Handout dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Sayyid Yusuf Talango.}, year={2016}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1090/}, abstract={Tingginya minat membaca siswa harus didukung oleh jumlah bahan ajar yang memadai. Jumlah bahan ajar yang kurang memadai bisa menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan di MTs Sayyid Yusuf Talango adalah mengembangkan bahan ajar berupa handout dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan handout; 2) respon siswa terhadap handout; dan 3) prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Sayyid Yusuf Talango. Teknik analisis data pada (1) kelayakan handout diperoleh dari hasil validasi produk oleh ahli materi dan media; (2) respon siswa terhadap handout diperoleh menggunakan penyebaran angket, (3) serta prestasi belajar menggunakan uji t 2 Sampel Bebas. Hasil penelitian ini didapat (1) Kelayakan handout dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sayyid Yusuf Talango oleh ahli materi dan media sebesar 78,9% termasuk dalam kategori layak digunakan dan (2) Respon siswa setelah menggunakan handout dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sayyid Yusuf Talango dari 5 aspek rata-rata memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 88,92%, (3) Prestasi belajar siswa setelah menggunakan handout dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan meningkat dengan hasil uji t sampel bebas memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,005. Kata Kunci: Handout, Kontekstual, Prestasi belajar.} }