@thesis{thesis, author={Lutfia Lutfia}, title ={Penerapan Problem Based Learning Model Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas III SDN Babbalan}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1339/}, abstract={Belajar dengan menemukan sendiri pengetahuannya maka pengetahuan siswa akan bertahan lama. Untuk mencapai hal tersebut diharapkan peserta didik dapat berperan aktif dan terlibat langsung saat proses pembelajaran. Diperlukan adanya perhatian untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Sedangkan keaktifan peserta didik yang rendah akan berdampak pada pencapaian hasil belajar peserta didik yang rendah pula. Oleh karena itu, Problem Based Learning Modeldiharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Babbalan Batuan Sumenep, validator, dan observer penelitian. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan peserta didik, lembar hasil belajar peserta didik dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning Modelyang diterapkan dapatkan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Babbalan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktifitas positif dari 58,25% menjadi 73,75% dan menurunnya aktifitas negatif dari 14% menjadi 2,70%. Selain itu hasil belajar kognitif siswa pada nilai rata-rata kelas meningkat dari 90,8 menjadi 93,3. Kata kunci:Problem Based Learning Model, keaktifan, hasil belajar kognitif} }