@thesis{thesis, author={Zariyah Maulina}, title ={PENGARUH LITERASI TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN GEMAR MEMBACA SISWA DI SDN PATEAN II}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1546/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh kertarikan peneliti bawha di SDN Patean II meskipun populasinya masih sedikit namun sudah melaksanakan yang namanya kegiatan literasi (GLS) dan permasalahan yang masih ditemukan beberapa kondisi seperti kurangnya siswa dalam memanfaatkan waktu untuk membaca, siswa yang masih keluar masuk dan terdapat siswa yang masih bercanda dengan teman sebangku pada saat kegiatan literasi berlangsung. Oleh karena itu untuk memberikan perubahan yang dapat membangun karakter peserta didik salah satunya melalui budaya literasi yaitu spenerapan kegiatan literasi ekolah kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kegiatan literasi terhadap karakter rasa ingin tahu dan gemar membaca siswa SDN Patean II. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I s.d kelas VI SDN Patean II di Desa Patean sebanyak 65 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari kelas I berjumlah 9 siswa, kelas II berjumlah 11 siswa, kelas III berjumlah 9 siswa, kelas IV berjumlah 10 siswa, kelas V 10 siswa dan kelas VI berjumlah 16 siswa. Jadi jumlah keseluruhan sampel yaitu 65 siswa. Namun dengan adanya pandemi covid-19 peneliti mengambil sampel sebanyak 30 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan literasi terhadap karakter rasa ingin tahu dan kegiatan literasi terhadap karakter gemar membaca tidak terdapat pengaruh karena nilai signifikan 0,09 > 0, 05 di SDN Patean II. Kata Kunci : Literasi, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca.} }