@thesis{thesis, author={Zahriyah Faizzatul}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA STICKY CARD (KARTU TEMPEL) UNTUK MELATIH MEMBACA SISWA KELAS I SD}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1549/}, abstract={Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan keefektifan siswa selama kegiatan belajar dengan menggunakan media sticky card (kartu tempel) (2) menghasilkan media belajar yang inovatif dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Media sticky card (kartu tempel) dilatarbelakangi penguasaan siswa terhadap media. Adapun hasil yang diperoleh siswa untuk memahami dan mengetahui terhadap media sticky card (kartu tempel). Jenis pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan prosedural, yang mana pengkajian selanjutnya dalam penelitian ini adalah merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cangkreng 1 Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengembangan dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penelitian pengembangan di SDN Cangkreng 1 dengan menggunakan media sticky card (kartu tempel). Pengembangan media permainan Sticky Card (kartu tempel) kelas 1 melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, kelayakan respon guru terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian merujuk model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yang kemudian diadaptasi oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang dimulai dari pencarian potensi dan masalah, pengempulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi desain media, dan angket angket respon guru. Hasil validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 80% dari ahli desain media, sedangkan hasil validasi angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 100% dari ahli angket respon yang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba produk di uji cobakan kepada 5 siswa kelas 1 sekolah dasar sebagai subjek uji coba penelitian. Kata kunci: Media, Sticky card, Membaca} }