@thesis{thesis, author={Oktavian Aldi}, title ={PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER KOMUNIKATIF SISWA DI SDN LANGSAR 1}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1560/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang hanya duduk di depan televisi dan bermain dengan menggunakan media tanpa banyak bergerak. Hal ini tidak hanya berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan fisik anak tetapi juga berdampak pada perkembangan sosial, emosional, dan mental anak. Anak- anak hanya melakukan aktivitas fisik di sekolah sebagai bagian dari proses pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan tradisonal di SDN Langsar 1 terhadap karakter komunikatif, (2) untuk pengetahui karakter komunikatif di SDN Langsar 1. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SDN Langsar 1 sebanyak 84 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini ialah seluruh siswa di SDN langsar 1 sebanyak 30 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Jenis sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling yang artinya pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/ kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen lembar pengamatan permainan tradisional dan lembar pengamatan karakter komunikatif, yang telah dilakukan validasi kepada dosen validator sebanyak dua kali. Dimana validasi yang pertama ialah lembar pengamatan keterlaksanaan permainan tradisional yang mendapat presentase 62,5% dengan kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi dan setelah di revisi mendapat presentase 100% dengan kategori layak untuk di uji cobakan tanpa revisi. Validasi yang kedua ialah lembar pengamatan karakter komunikatif yang mendapat nilai presentase 87,5% dengan kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi dan setelah di revisi mendapat presentase 100% dengan kategori layak untuk di uji cobakan tanpa revisi. Selanjutnya dilakukan uji validitas yang dilakukan pada 30 anak mendapatkan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa semua item nilai r-hitung (y1= 0,592, y2= 0,737, y3= 0,722) > dari r-tabel (0,361), maka dari itu semua item nilai r-hitung valid. Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat diketahui ada pengaruh antara permainan tradisional terhadap katakter komunikatif siswa. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil uji regresi linier yang diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari nilai koefisien sebesar 0,05. Artinya permainan tradisional berpengaruh terhadap karaker komunikatif di SDN Langasar I. Karakter komunikatif yang terbangun dengan permainan tradisional di SDN Langsar 1 ialah kemampuan siswa berkomunikasi, siswa dapat mendiskusikan, mengembangkan dan menyalurkan aspirasi serta pendapat-pendapat dalam bentuk lisan maupun bekerja sama dalam kelompok. Kata kunci: Permainan Tradisional, Karakter Komunikatif.} }