@thesis{thesis, author={Faizah Nuril}, title ={PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ḌI’ḌI’ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG KELAS III SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1563/}, abstract={Siswa beranggapan bahwa matematika merupakan pembelajaran yang rumit dan sulit untuk dapat dipecahkan, sehingga banyak siswa tidak menyukai pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengembangan permainan tradisional ?i??i? dalam pembelajaran matematika satuan panjang kelas III sekolah dasar, serta untuk mengkaji respon siswa terhadap III pengembangan permainan tradisional ?i??i? dalam pembelajaran matematika satuan panjang kelas III sekolah dasar. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu diadaptasi dari Sugiyono (2017), yang terdiri dari 10 tahapan. Instrument pada penelitian ini yaitu terdiri dari buku petunjuk tradisional ?i??i?, lembar observasi keterlaksanaan, lembar instrument kuesioner respon siswa, lembar instrument wawancara, dan lembar validasi produk yang terdiri dari lembar validasi materi, validasi buku petunjuk, validasi permainan tradisional ?i??i?. Pada tahap validasi dapat diperoleh hasil berupa validasi materi mendapat 100%, validasi buku petunjuk 98%, dan validasi permainan tradisional ?i??i? mendapat 100%, dapat dikatakan bahwa kategori untuk semua validasi yaitu Sangat Layak. Pada tahap uji coba produk dilakukan pada siswa kelas III sekolah dasar secara terbatas yaitu sebanyak 4 siswa dikarenakan adanya pandemi covid-19 di daerah penelitian di desa Patean, kecamatan Batuan, kabuaten Sumenep. Hasil kuesioner respon siswa mendapat 98% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa permainan tradisional ?i??i? layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Tradisional ?i??i?} }