@thesis{thesis, author={Fauzia Raihana}, title ={PROGRAM STUDI BANDING BAGI GURU UNTUK MELATIH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-WATHONIYAH (SDITA) SUMENEP}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1567/}, abstract={Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program studi banding di SDIT Al-Wathoniyah serta dampak program studi banding bagi guru di SDIT Al-Wathoniyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualittif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang ada di SDIT Al-Wathoniyah. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, implementasi program studi banding di SDIT Al-Wathoniyah dilaksanakan di kota-kota besar seperti Malang dan Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan satu tahun sekali dan berlangsung selama 2 hari. Kedua, dampak program studi banding bagi guru di SDIT Al-Wathoniyah memberikan dampak yang positif sehingga menjadikan guru lebih kreatif dalam mengajar. Terdapat salah satu guru yang menerapkan hasil dari studi banding ke dalam pembelajaran, yaitu tentang menanam sayur hidroponik. Kata kunci : Studi Banding, Kreativitas Guru, Pembelajaran} }