@thesis{thesis, author={Raihani Fauzia}, title ={PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-WATHONIYAH (SDITA)}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1568/}, abstract={Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang dapat memberikan peluang untuk siswa berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan yang setara dengan siswa normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan inklusif di SDIT Al-Wathoniyah serta kegiatan belajar mengajar bagi siswa ABK berprestasi di SDIT Al-Wathoniyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa berkebutuhan khusus di SDIT Al-Wathoniyah. Hasil penelitian ini adalah Pertama, pelaksanaan pendidikan inklusif di SDIT Al-Wathoniyah dilakukan dengan menyatukan siswa berkebutuhan khusus dengan siswa normal dalam satu kelas. Tidak ada guru pendamping khusus bagi siswa berkebutuhan khusus, artinya penanganan khusus bagi siswa berkebutuhan khusus sepenuhnya dilakukan oleh guru kelas. Kedua, kegiatan belajar mengajar bagi siswa berkebutuhan khusus berprestasi di SDIT Al-Wathoniyah pada saat pembelajaran dilakukan dengan pendekatan individual. Guru mendampingi siswa berkebutuhan khusus selama siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan. Terdapat salah satu siswa berkebutuhan khusus yang berprestasi namun prestasi yang diperoleh bukan prestasi akademik. Melainkan prestasi non akademik. Prestasi yang di raih ialah juara 6 lomba renang se Madura, juara 3 lomba menyalin cerita dan diundang sebagai tamu di ekskul Art Club karena bakat menggambar pada tahun 2019 mendapatkan SDITA AWARD. Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Berprestasi} }