@thesis{thesis, author={Masyanto Masyanto}, title ={PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU DOMINO BERBASIS LOCAL CULTURE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA TEMA 3 KELAS II SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1571/}, abstract={Penelitian ini dilakukan karena kurangnya fasilitas media belajar, metode belajar yang kurang bervariatif, dan rendahnya kemampuan berhitung siswa. Pada proses belajar di sekolah hanya mengandalkan buku saja tanpa adanya variasi belajar dan fasilitas lain yang dapat menunjang keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan kartu domino yang dimodifikasi, mengetahui tingkat kelayakan, dan mengkaji respon siswa kelas II terhadap produk permainan kartu domino berbasis local culture. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan 10 tahap prosedural yang diadaptasi dari Sugiyono (2017), namun karena keterbatasan waktu, biaya, dan adanya pandemi covid-19 penelitian ini hanya menggunakan 7 tahapan yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara siswa, lembar keterlaksanaan permainan, lembar observasi uji coba, lembar kuesioner respon siswa, dan lembar validasi produk yang terdiri dari validasi konten/isi, desain, penggunaan dan penyajian dimana ketiganya memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba produk dilakukan sangat terbatas yaitu 4 siswa kelas II di Desa Patean Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep, hal ini dikarenakan adanya pandemi covid-19. Hasil dari kuesioner respon siswa memperoleh persentase 96,2% dengan kriteria sangat baik. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan permainan kartu domino berbasis local culture untuk melatih kemampuan berhitung siswa layak digunakan sebagai media pada proses pembelajaran. Kata kunci: Permainan Kartu Domino, Local Culture, Kemampuan Berhitung} }