@thesis{thesis, author={Anshori Moh. Toriqatul}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1578/}, abstract={Guru masih kesulitan dalam mengajarkan kurikulum 2013 dibandingkan dengan kurikulum ktsp terdahulu, dengan alasan kesulitan dalam menggabungkan antar mata pelajaran. Sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap buku tematik. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media pop- up book tipe shared untuk memudahkan siswa belajar memahami dan guru dalam menyampaikan pembelaran dengan kurikulum 2013 lebih mudah. Tipe Shared pada penelitian pengembangan Pop-Up Book ini menggunakan dua mata pelajaran setiap satu jilid buku atau pembelajaran. Media Pop-Up Book Tema 8 Subtema 1 6 Pembelajaran. Ukuran kertas Pop-Up Book A5 2 Dimensi dan kertas foto paper 260 gsm. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan pengembangan, namun hanya 7 tahapan yang digunakan karena adanya pandemi covid-19. 1), Potensi dan masalah. 2), Pengumpulan data. 3), Desain produk. 4), Validasi desain. 5), Revisi desain. 6), Uji coba produk. 7), Revisi produk. Instrumen pengambilan data yang dilakukan penelitian ini menggunakan lembar validasi materi dan media. Pada tahap validasi materi mendapatkan persentase 95%, dan media 100% dengan kategori sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba terbatas dengan 6 siswa kelas IV sekolah dasar dengan respon siswa mendapakan persentase 97,5% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pop-up book tipe shared layak untuk digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Pop-Up Book, Tipe Shared.} }