@thesis{thesis, author={Sari Sufiyani Prawita}, title ={PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA KELAS VII MTsN 1 SUMENEP}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1592/}, abstract={Penerapan pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues telah diterapkan dalam pembelajaran dimana hasil kemampuan peserta didik akan dituangkan dalam sistem penilaian oleh guru. Penilaian pembelajaran menekankan pada tiga ranah aspek yang diukur yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini yaitu pengembangan instrumen penilaian berbasis socio-scientific issues (SSI) pada kelas VII MTsN 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D (Four D) yang dikemukakan oleh (Thiagarajan,1974). Adapun uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji validitas expert (ahli) dan uji coba respon guru. Uji validitas meliputi tiga tahap yaitu: tahap validasi aspek materi, validasi bahasa dan validasi konstruk. Uji coba respon guru dilakukan menggunakan dua tahap yaitu initial testing dan quantitative testing. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil menunjukan bahwa validitas instrumen penilaian berbasis socio- scientific issues (SSI) pada kelas VII MTsN 1 Sumenep adalah sangat valid dan layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi pada aspek materi sebesar 98,18%, aspek bahasa sebesar 95,34% dan aspek konstruk sebesar 99,3%. Hasil respon guru diperoleh dengan kategori sangat layak dengan hasil pada tahap initial testing (uji coba awal) sebesar 98,27% dan pada tahap quantitative testing (uji coba kuantitatif) sebesar 92,03% sehingga dapat diartikan bahwa guru memberikan respon positif dan sangat baik terhadap produk instrumen penilaian berbasis socio-scientific issues. Kata kunci: Socio-Scientific Issues, Validasi, Respon Guru} }