@thesis{thesis, author={Ekawati Yeni}, title ={PENGEMBANGAN HANDOUT IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 3E}, year={2019}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1650/}, abstract={Pembelajaran berkaitan dengan interaksi antara siswa, guru dan sumber belajar yang digunakan. Kegiatan pembelajaran identik dengan pembelajaran di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan terutama media nyata dalam menyampaikan pembelajaran. Sehingga dikembangkan bahan ajar yang mengemas pembelajaran secara ringkas dan menjembatani pembelajaran di luar kelas untuk memudahkan siswa belajar mendalam melalui media nyata yang ditemui di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi dan desain handout IPA berbasis learning cycle 3e serta respon dari siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model 4D yang di mulai dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Hasil penelitian yang didapatkan dari validasi ahli materi sebesar 94,58% (kategori sangat layak) dan validasi ahli desain sebesar 91,67% (kategori sangat layak). Penyebaran angket respon siswa terkait desain produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 98,06% (kategori sangat positif). Hasil validasi dan respon siswa terhadap handout IPA berbasis learning cycle 3e layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Handout, Learning Cycle 3E} }