@thesis{thesis, author={Sahadatina Ayu Nur}, title ={ANALISA TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI DAERAH JALAN RAYA MANDING DESA GIRING}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1688/}, abstract={Kepadatan volume dan kurang sadarnya pengguna jalan akan rambu ? rambu lalu lintas menyebabkan akses jalan sulit untuk dilalu, berbagai aktivitas pengguna jalan tidak nyaman, sehingga menimbulkan risiko permasalahan lalu lintas, seperti kecelakaan dan jalan rusak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dalam penelitian ini antara lain : (1) untuk mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan (black site) lalu lintas pada jalan Raya Manding Desa Giring Kecamatan Manding, (2) untuk mengetahui volume lalu lintas jalan Raya manding Desa Giring Kecamatan Manding dengan metode MKJI 1997, (3) untuk mengetahui kerusakan jalan pada Desa giring kecamatan manding. Lokasi penelitian dilakukan di jalan raya Manding Desa giring Kecamatan Manding Kabupaten sumenep. Data primer yang digunakan meliputi geometric jalan, lokasi daerah kecelakaan dan titik kecelakaan, penggunaan lahan serta LHR. Data sekunder yang digunakan meliputi, data jumlah kecelakaan, volume lalu lintas jalan, data kapasitas jalan, dan penggunaan lahan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis EAN, BKA, dan UCL dimana dari rumus tersebut diperoleh data kecelakaan. Hasil penelitian menu jukkan bahwa pada ruas jalan raya Manding Desa Giring Kecamatan Manding merupakan daerah kecelakaan hal ini ditunjukkan dengan angka kecelakaan yang tergolong tinggi dari tahun 2015 ? 2019. Dengan menggunakan metode BKA (Batas control Atas) dan UCL (Upper Control Limit) dengan perbandingan EAN (Equivalent Accident Number) dapat diketahui lokasi kecelakaan di ruas jalan tersebut, yakni titik kecelakaan berada pada KM 06 (EAN = 435), KM 07 (EAN = 558), KM 08 (EAN = 471), KM 09 (EAN = 285), terindetifikasi black site karena memiliki angka kecelakaan EAN melebihi dari pada BKA dan UCL, dimana pada KM 06 BKA = 271, UCL = 254, KM 07 = 271, UCL = 269, KM 08 BKA = 271, UCL =256, KM 09 = BKA 271, UCL = 257, yang mempengaruhi angka kecelakaan tersebut antra lain : jalan yang cenderung lurus relatif sepi, hal ini bias mempengaruhi pengguna jalan untuk melaju kencang tanpa memperhatikan keadaan jalan yang berlubang dan rusak.} }