@thesis{thesis, author={Syafi' Jasuli}, title ={GAYA SERVANT LEADERSHIP DALAM MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA PAKANDANGAN SANGRA}, year={2023}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1746/}, abstract={Penelitian ini bertujuan menjelaskan gaya servant leadership dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan Desa Pakandangan Sangra. Kepemimpinan melayani ini dilatar belakangi karena belum optimalnya tata kelola administrasi desa yang belum mampu menjawab tuntutan dari kebutuhan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori Barbuto dan Wheeler (2016) dalam simamora (2018). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) Tindakan, Kepala Desa melakukan tindakan dengan menghimbau kepada bawahan supaya masuk kantor, pelayanan yang berkwalitas dan melakukan pengamanan desa dari pencurian Sapi. 2) Empati, Kepala Desa berempati tidak memberikan tugas kepada bawahan diluar kemampuannya, memotivasi bawahan supaya dapat menguasai Informasi dan tekhnologi (IT), menjenguk warganya yang sakit, melayat dan menghadiri acara tahlilan pada warganya yang meninggal dunia. 3) Bijaksana, Kepala Desa menyelesaikan permasalahan di masyarakat serta membuat kesepakatan pada acara Musdes maupun Musrenbangdes yang melibatkan perangkat desa, BPD, LPMD dan tokoh masyarakat. 4) Mencari Solusi, Kepala Desa mengadakan pelatihan komputer kepada bawahan, membentuk satgas relawan desa ketika pandemi covid-19, mengusulkan data warga tidak mampu ke data DTKS, menggunakan buku tanah desa ketika menyelesaikan sengketa tanah serta melakukan mediasi terhadap warga yang ingin bercerai. 5) Tumbuh, Kepala Desa bersama perangkatnya pada setiap hari Jum?at melakukan bersih-bersih di pinggir jalan desa serta Kepala Desa sebagai penengah memberikan jalan pendapat melalui musyawarah mencapai mufakat. 6) Berjiwa Sosial, Kepala Desa memberikan bantuan uang pengobatan kepada warganya yang sakit, memberikan bantuan air mineral kepada keluarga korban yang meninggal dunia, memberikan bantuan asbes kepada rumah warga yang tekena bencana, selalu menghadiri undangan kemasyarakatan dan mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan. 7) Visioner, Kepala Desa dapat mewujudkan visi strateginya menjadikan desa aman dari pencurian Sapi dan mampu melakukan trobosan melalui usulan proposal pembangunan jalan aspal ke Pemprov dan Pemerintah Pusat. 8) Melayani, Kepala Desa telah mampu memberikan pelayanan administrasi dan pelayanan lainnya selama 1x 24 jam atau purna waktu. Kata Kunci : Gaya Kepemimpin, Servant Leadership, Tata Kelola Pemerintahan Desa} }