@thesis{thesis, author={Faizah Faizah}, title ={PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGTERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA}, year={2020}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/1976/}, abstract={Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pretes dan postes di kelas eksperimen. 2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat pada kelas eksperimen. 4) untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 5) untuk mengetahui hubungan antara postes hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pertemuan keempat pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar pretes dan postes di kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000. 2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,000. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata N-Gain Score yaitu 0,58 dan 0,53. 3) terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000. 4) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan kolaborasi dari pertemuan pertama sampai petemuan keempat pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000. 5) terdapat hubungan antara postes hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pertemuan keempat pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,0002 dan nilai koefisien korelasi yaitu 0,530. Kesimpulannya adalah siswa kelas eksperimen memiliki keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada siswa kelas kontrol. Kata kunci: PjBL, STEM, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar,} }