@thesis{thesis, author={Syarifah Ulfatus}, title ={PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 SARONGGI}, year={2018}, url={http://repository.wiraraja.ac.id/911/}, abstract={Kegiatan praktikum akan terlaksana dengan efisien dan efektif apabila tersedia sarana dan prasarana yang menunjang seperti laboratorium, alat, bahan dan petunjuk praktikum. Petunjuk praktikum yang memanfaatkan kondisi lingkungan siswa ke dalam pembelajaran akan membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran karena apa yang dipelajari siswa dirasakan langsung manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual; (2) mengetahui kelayakan dan respon siswa pada petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual untuk siswa kelas VII SMPN 1 Saronggi. Metode yang digunakan yaitu model pengembangan 4D terdiri dari define, design, development and dissemination. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen kelayakan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengembangan yang dilakukan dapat menghasilkan enam bab materi (2) kelayakan petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual dari validasi materi sebesar 93%; validasi desain sebesar 90%; dan validasi format sebesar 100%, sedangkan hasil respon siswa sebesar 93%. Petunjuk praktikum yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam melakukan praktikum berdasarkan hasil validasi dan respon siswa. Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Kontekstual, 4D} }