@thesis{thesis, author={Aniroh Umi and Apriyatmoko Raharjo and Chandra Prasetiawan Adi}, title ={HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI DAN LAMA WAKTU BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TAJAM PENGLIHATAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR : TINJAUAN DARI BEBERAPA ARTIKEL}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/1078/}, abstract={Latar Belakang : Saat bermain game online anak akan terkena paparan radiasi yang sangat berbahaya bagi mata. Meskipun fungsinya yang sangat penting, namun kurangnya perhatian terhadap kesehatan mata berpotensi menimbulkan gangguan pada mata, contohnya yaitu gangguan pada tajam penglihatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara frekuensi dan lama waktu bermain game online dengan tajam penglihatan pada anak sekolah dasar. Metode : Penelitian menggunakan pendekatan meta analisis, yaitu istilah yang menunjukkan suatu pendekatan kuantitatif dan sistematik untuk meninjau penelitian yang sudah dilakukan. Data yang digunakan 4 jurnal nasional dan 1 jurnal internasional yang diperoleh dari screening sejumlah jurnal dan database jurnal Google Scholar dan Pacificejournal. Hasil : 1) Perilaku frekuensi bermain video game online sebagian besar adalah reguler gamers sebanyak 18 orang (58,1%). 2) Rentang lama waktu bermain video game online adalah kategori tidak normal (> 2 jam perhari) sebanyak 130 orang (59%). 3) Rentang nilai visus adalah kategori normal (6/7,5-6/3) sebanyak 135 orang (54%). 4) Hasil analisis chi square beberapa artikel diperoleh nilai p-value = 0,026, berarti ada hubungan yang signifikan antara perilaku frekuensi bermain video game online dengan ketajaman visus. 5) Hasil analisis uji korelasi beberapa artikel menunjukkan nilai p-value =<0,05, berarti ada hubungan yang signifikan antara lama waktu bermain video game online dengan ketajaman visus. Saran : Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menyempurnakan keterbatasan penelitian. Orang tua perlu memantau dan meluangkan waktu untuk anak agar tidak terlalu banyak bermain game online serta untuk pihak sekolah (unit kesehatan sekolah) dapat membuat program ekstrakurikuler atau penyuluhan mengenai kesehatan mata. Kata Kunci : Frekuensi, Lama Waktu, Game Online, Tajam Penglihatan, Anak Usia Sekolah Dasar Kepustakaan : 65 Pustaka (1976-2019)} }