@thesis{thesis, author={Saparwati Mona and Setiawan Dany and Setyoningrum Umi}, title ={HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK BUSTANUL ATHFAL BANDING KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/1088/}, abstract={Perkembangan (development) adalah perubahan dan perluasan secara bertahap, perkembangan tahap kompleksitas dari yang lebih rendah ke yang lebih tinggi, peningkatan dan perluasan kapasitas seseorang melalui pertumbuhan, maturasi serta pembelajaran. Salah satu faktor dalam perkembangan anak yaitu lingkungan pengasuhan. salah satunya pola asuh orang tua merupakan gambaran tentang sikap dan perlaku orang tua dan anak dalam berinteraksi, berkomunikasi selama mengadakan kegiatan pengasuhan serta tanggapan terhadap keinginan anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan pada anak usia prasekolah di TK Bustanul Athfal Banding, Kecamatan Bringin. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 70. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik total sampling. Dari hasil penelitian ini pola asuh yang banyak diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh demokratis sebanyak 40 orang tua (57.1%) dengan perkembangan anak normal sebanyak 38 (95,0%). Dari hasil uji chi-square diperoleh hasil adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan pada anak usia pra sekolah di TK Bustanul Athfal Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang dengan nilai P value = 0,000 berarti ? 0,5 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan pada anak usia prasekolah di TK Bustanul Athfal Desa Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Berdasarkan penelitian Orang tua hendaknya mampu memberikan pengasuhan yang efektif pada anak, karena dengan pengasuhan yang efektif mampu memberikan peluang pada anak untuk berkompetensi dalam perkembangan yang lebih baik yang merupakan bekal anak dalam perkembangan selanjutnya. Kata kunci : Prasekolah, pola asuh, perkembangan anak Daftar Pustaka : 29 (2008- 2016)} }