@thesis{thesis, author={RESBIYANTO RIKI and Rosalina Rosalina and Wijayanti Fiki}, title ={KECANDUAN GAME ONLINE BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMP N 5 UNGARAN}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/1123/}, abstract={Kecanduan game online dikalangan remaja menjadi salah satu permasalahan yang dialami remaja. Game online sudah menjadi fenomena pada saat ini.Perilaku agresif merupakan suatu tindakan yang dilakukan individu secara sengaja dengan tujuan menyakiti atau melukai individu baik secara fisik maupun verbal. Tujuan : Untuk menganalisa hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja di SMP N 5 Ungaran. Metode : Design penelitiandeskripti korelatif dengan pendekatan cross sectional . Populasi seluruh siswa kelas 7 dan 8 di SMP N 5 Ungaran sebanyak 770 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 89 siswa dengan teknik purposive sampling menggunakan alat ukur kuesioner. Pengolahan data editing, coding,scoring, dan tabulating, analisa data dengan uji statistik kendall-tau. Hasil Penelitian : Menunjukan bahwa dari 89 respondenmengalami kecanduan ringan yaitu 53 responden (59,6%), dan sebagian besar responden mengalami agresifitas sedangyaitu 61 responden (68,5%). Nilai p=0,001<0,05 yang berarti H1 diterima, ujikendall-tau memperoleh nilai koofesiensi korelasi 0,520 maknanya 52% perilaku agresifitas dipengaruhi kecanduan game online dan 48% dipengaruhi faktor sosial,personal,kebudayaan,situasional dan media masa. Kesimpulan : Dalam penelitiian ini disimpulkan ada hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja Saran : Bagi sekolah dan orangtua dapat digunakan sebagai pengawasan untuk mengurangi aktifitas bermain game online dan bagi remajasebagai infrormasi bahwa game online memiliki segi negatif dan agar melakukan kegatan yang lebih bermanfaat.} }