@thesis{thesis, author={Damayanti Herlinda and Luvi Dian Afriyani}, title ={GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KB DI PMB MARIA ULFA S. ST. Keb BANDUNGAN KAB SEMARANG}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1292/}, abstract={Minat kunjungan ulang pada fasilitas kesehatan sangat ditentukan oleh kepuasan pasien. Kepuaan pasien ditentukan oleh mutu pelayanan yang diterimanya, kualitas mutu pelayanan KB perlu ditingkatkan serta dipertahankan oleh bidan, pelayanan diberikan belum optimal hal ini ditunjukkan dari penurunan jumlah kunjungan pada bulan maret hingga september dan PMB belum memiliki fasilitas yang nyaman. Tujuan penelitian ini mengetahui Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan KB di PMB Maria Ulfa, S. ST. Keb Bandungan Kab Semarang. Metode: Desain penelitian ini adalah diskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah akseptor KB yang berkunjung ke PMB sejumlah 41 responden. Teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Analisis distribusi frekuensi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagain besar responden (58,5%) mengatakan kurang puas. Berdasarkan 5 dimensi mutu didapatkan 51,2 % kurang puas pada dimensi mutu bukti langsung (Tangible), 65,9% puas pada dimensi keandalan (Reliability). 53,7% puas pada dimensi ketanggapan (Responsiveness). 61% puas pada dimensi keyakinan (Assurance). 53,7% puas pada dimensi empati (Emphaty). Simpulan: Tingkat kepuasan pasien sebagian besar kurang puas terhadap mutu pelayanan KB secara umum. Dari 5 dimensi, Sebagian besar kurang puas terhadap mutu pelayanan KB dimensi (Tangiable). Dan sebagian besar puas terhadap mutu pelayanan KB pada dimensi (Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empaty).} }