@thesis{thesis, author={Tri Ningsih Sulistiya and Virdinarti Putra Lisa}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2 KELAS III DI SD N SIDOMULYO 04 UNGARAN TIMUR}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1497/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video powtoon dengan pendekatan problem solving terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas III A. Jenis penelitian ini yaitu research and development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan kuesioner.Populasi penelitian ini adalah Seluruh kelas III di wilayah kecamatan Ungaran Timur, sedangkan untuk sampel seluruh siswa kelas III A dan seluruh siswa kelas III B SD N Sidomulyo 04.Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian, lembar observai dan lembar kuesioner angket yang dibagikan kepada peserta didik melalui google form. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji valid, uji praktis, dan uji efektif. Hasil penelitian pembelajaran berbantuan powtoon dengan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah valid dan layak digunakan dilihat dari penilaian validator mengenai pengembangan perangkat pembelajaran silabus rata-rata 3,49 dengan kriteria baik, RPP rata-rata 3,6 dengan kriteria baik, LKPD rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat baik, TKPM rata-rata 3,5 dengan kriteria sangat baik, dan media rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat baik. Pembelajaran berbantuan powtoon dengan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah praktis dilihat dari respon peserta didik terhadap media powtoon dengan pendekatan problem solving dengan rata-rata 4,00 dengan kriteria sangat baik. Pembelajaran berbantuan powtoon dengan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah efektif, pada uji banding menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 artinya hipotesis diterima, dan pada uji regresi diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima.} }