@thesis{thesis, author={Azmi Pramestya Regita and Lestari Puji}, title ={HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA 1 REMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1582/}, abstract={Latar Belakang: Masa pandemi covid 19 dengan metode pembelajaran secara daring bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa selama pandemi. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 . Salah satunya adalah dukungan keluarga . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMA 1 Rembang pada masa pandemi covid-19. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional design. Populasi penelitian ini adalah 992 siswa di SMA 1 Rembang. Sampel penelitian ini adalah 91 responden dengan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis datanya dilakukan dengan uji chi square. Hasil: Hasil penelitian yaitu siswa dengan dukungan keluarga baik sebanyak 59 responden (64,8% ), dan siswa dengan dukungan cukup sebanyak 32 responden (35,2%). Siswa motivasi tinggi 32 responden (35,2%) dan siswa dengan motivasi sedang sebanyak 59 responden (64,8%). Penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMA 1 Rembang pada masa pandemi covid-19 dengan p-value 0,002 (?<0,005). Saran:Perlunya keluarga meningkatkan kepedulian dan responsibilitas kepada anak dalam upaya meningkatkan motivasi belajar anak.} }