@thesis{thesis, author={Apriyatmoko Raharjo and Tiara Zulvi Shindyta}, title ={HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN : PENDEKATAN SYSTEMATIC REVIEW}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1583/}, abstract={Latar Belakang : Kepuasaan pasien merupakan indikator penting dalam pelayanan keperawatan. Salah satu upaya untuk memberikan kepuasan pada pasien adalah dengan komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Metode : Desain penelitian ini literature review dengan pendekatan systematic review. Sumber data sekunder berupa artikel diambil dari Google Scholar, DOAJ dan Researchgate. Kriteria artikel yang di review yaitu rentang waktu penerbitan jurnal maksimal 5 tahun, berbahasa Indonesia atau Inggris, original artikel dan tersedia full teks. Artikel yang layak untuk di review sebanyak 8 artikel yaitu tujuh berhahasa Indonesia dan satu artikel berbahasa Inggris. Hasil : Komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat di rumah sakit sebagian besar kategori baik, Kepuasan pasien atas pelayanan di rumah sakit sebagian besar kategori puas. Komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan kepuasan pasien Saran : Rumah sakit diharapkan dapat mempertahankan komunikasi terapeutik perawat yang dilakukan kepada pasien sehingga kepuasan pasien tetap terjaga} }