@thesis{thesis, author={Adi Pramana Galih and Nurma Juniarti Mega and Susilo Jatmiko}, title ={HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN UMUM RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PENUJAK, PRAYA BARAT, LOMBOK TENGAH}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1606/}, abstract={Latar Belakang : Kepuasan merupakan suatu penilaian emosional setelah pasien menggunakan suatu produk, dimana harapan dan kebutuhan pasien terpenuhi, kepuasan meningkatkan loyalitas pengguna dan memiliki nilai tambah ekonomi. Metode : Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan intrumen penelitian berupa kuesioner. Pengambilan data dilakukan secara accidental sampling dan didapatkan sampel sebanyak 75 orang. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk grafik dan dilakukan analisis korelasi antara kepuasan dan loyalitas pasien. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kehandalan (Reliability) dan loyalitas dengan nilai P = 0,000, daya tanggap (Responsiveness) dan loyalitas dengan nilai P = 0,000, kepastian (Assurance) dan loyalitas dengan nilai P = 0,000, empati (Emphaty) dan loyalitas dengan nilai P = 0,013, berwujud (Tangible) dan loyalitas dengan nilai P = 0,129. Simpulan : ada hubungan signifikan antara kepuasan dengan loyalitas pasien umum rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Penujak. Kata kunci : kepuasan,loyalitas, pasien umum, pelayanan farmasi, Puskesmas Penujak} }