@thesis{thesis, author={Langit Liesmangku and Saparwati Mona}, title ={STUDI TENTANG PERILAKU ASERTIF PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA JEPARA}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1614/}, abstract={Masyarakat telah menyadari akan arti kesehatan dan kompleksitas masalah kesehatan yang mendorong masyarakat untuk memilih tempat pelayanan kesehatan yang bermutu. Perilaku asertif menjadi salah satu factor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Perilaku asertif yang tidak baik akan mempengaruhi kepuasan pasien sehingga pasien akan mencari alternatif untuk mencari klinik pelayanan lainnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku asertif dengan tingkat kepuasan pasien. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Cara penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 107 responden. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan p <0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara perilaku asertif dengan tingkat kepuasan pasien dengan hasil uji chi square diperoleh nilai p = 0,009 < 0,05 Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku asertif dengan kepuasan pasien. Perilaku asertif adalah sebuah factor penting yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.} }