@thesis{thesis, author={Dyahariesti Niken and Hereyanti Desy and Oktianti Dian}, title ={TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMBERIAN INFORMASI OBAT ANTIHIPERTENSI DI PUSKESMAS SIMPUR KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1623/}, abstract={Latar Belakang : Hipertensi merupakan suatu jenis penyakit pembunuh paling dahsyat di dunia. Pemberian informasi obat adalah salah satu tahap pada pelayanan resep untuk menghindari masalah yang berkaitan dengan terapi obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kepuasan pasien setelah mendapatkan pelayanan terhadap pemberian informasi obat hipertensi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang memperoleh pemberian informasi obat antihipertensi di Puskesmas Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 70 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan katagori kurang puas, cukup puas, dan puas. Hasil: Tingkat Kepuasan pasien yang paling besar sebanyak (58%) yang mememilih puas, sedangkan yang paling kecil sebanyak (37%), untuk yang paling besar (57%) yang memilih cukup puas, sedangkan untuk yang paling kecil sebanyak (36%), dan yang paling besar sebanyak (10%) yang memilih kurang puas, sedangkan yang paling kecil sebanyak (6%). Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien terhadap pemberian informasi obat antihipertensi yang merasa puas sebanyak 41 orang (58%), cukup puas sebanyak 40 orang (57%), dan kurang puas yang paling besar dari pertanyaan tentang penyimpanan sebanyak 7 orang (10%). Kata Kunci : informasi, kepuasan, antihipertensi, puskesmas} }