@thesis{thesis, author={Cornelio Da Cunha Joao and Oktianti Dian and Sunnah Istianatus}, title ={TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN PUSKESMAS GETASAN KAB. SEMARANG}, year={2021}, url={http://repository2.unw.ac.id/1624/}, abstract={Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan, karena kepuasan yang tinggi menjadi indikasi keterampilan dan kualifikasi pelayanan yang memenuhi standar. Oleh karena itu, puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama yang mampu memberikan pelayanan yang baik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi rawat jalan berdasarkan 5 dimensi kehandalan (reliability, ketanggapan (responsiveness), empati (empathy), bukti fisik (tangible) dan jaminan (assurance)di Puskesmas Getasan Kabupaten Semarang. Metode Penelitian: penelitian ini merupakan survey deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 94 responden diambil secara accidental sampling kemudian data dianalisis menggunakan analisis nilai indeks maksimal dan minimal Hasil: Perhitungan nilai indeks kepuasan dilihat dari rata-rata masing-masing dimensi tingkat kepuasan pasien. tingkat kepuasan berdasarkan dimensi kehandalan dengan nilai indeks 60,7 kategori sedang, dimensi daya tanggap dengan nilai indeks 72,6 kategori sedang, dimensi jaminan dengan nilai indeks 67,4 kategori sedang, dimensi empati dengan nilai indeks 64,2 kategori sedang dan dimensi bukti fisik dengan nilai indeks 70,0 kategori sedang. Rata-rata nilai indeks secara keseluruhan 67,6 kategori sedang. Kesimpulan: Evaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Puskesmas Getasan Kabupaten Semarang berdasarkan 5 dimensi rata-rata nilai indeks 67,6 kategori sedang. Kata kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Puskesmas Kepustakaan : 56 pustaka (2009-2019)} }