@thesis{thesis, author={Akifa Anzilni Auliya}, title ={Pengaruh Model Games Based Learning Berbantuan Alat Peraga Jerapah Tompina Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar}, year={2024}, url={http://repository2.unw.ac.id/4775/}, abstract={Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan observasi terhadap siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Games Based Learning berbatuan alat peraga jerapah tompina terhadap minat belajar dan juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Games Based Learning berbantuan alat peraga jerapah tompina terhadap minat belajar siswa kelas III SDIT Cahaya Ummat. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B SDIT Cahaya Ummat. Jenis data pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan quaci experimental design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes (Pretest dan Posstest) dan Non Tes (Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi). Teknik analisis data padapenelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang berupa uji independent sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya perbedaan penggunaan model Games Based Learning berbantuan alat peraga jerapah tompina terhadap mnat belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Uji Independent Sampel T-Test dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,003 < 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dimana kelas eksperimen memiliki rata-rata 77% lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol yaitu 66%. (2) Ada pengaruh penggunaan model Games Based Learning berbantuan alat peraga jerapah tompina terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Uji Regresi Linear Sederhana dengan nilai sig-nya kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga pada variabel minat belajar dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Games Based Learning berbantuan alat peraga jerapah tompina terdahap minat belajar siswa sebesar (nilai R Square 0,722 atau 72,2%). Simpulan dari penelitian ini adalah model Games Based Learning berbantuan alat peraga jerapah tompina efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: Games Based Learing, minat belajar, jerapah tompina.} }