@thesis{thesis, author={Priatini Lailatul}, title ={Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berbantuan Media Kasep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa MI}, year={2024}, url={http://repository2.unw.ac.id/4781/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media KASEP terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi Experimental (Non Equivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MI Nyatnyono 02. Sampel penelitian adalah kelas IIA sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes melalui pretest dan posttest serta teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji regresi linier sederhana, dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media KASEP terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,034 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media KASEP terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05. (3) Terdapat peningkatan dalam penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media KASEP terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan hasil uji paired sample t test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media KASEP berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci : STAD, Media KASEP, Pemahaman Konsep Siswa} }