@thesis{thesis, author={Ariyanti Indi Shafira}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd Negeri Langensari 4}, year={2024}, url={http://repository2.unw.ac.id/4784/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siwa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang merupakan metode penelitian yang menggunakan data numerik untuk menyelidiki topik yang diamati. Populasi yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Langensari 04, IIIA sebagai kelas kontrol dan IIIB sebaga kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi. Hasil menunjukkan : 1.Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata menunjukkan kelas kontrol 0,023 < 0,05 dan kelas eksperimen 0,021 < 0,05 maka Ho ditolak atau menerima Ha. 2.Terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikasi 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Serta mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 58% yang artinya variabel model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kritis sebesar 58%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Canva, Berpikir Kritis} }