@thesis{thesis, author={Hidayah Isni Anggraeni}, title ={Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kb Di Klinik Ibnu Sina Km 7 Balikpapan}, year={2024}, url={http://repository2.unw.ac.id/4893/}, abstract={Latar Belakang : Pertumbuhan penduduk yang besar dapat diatasi dengan program KB, berbagai pilihan alat kontrasepsi KB dapat didapatkan di Puskesmas ataupun tempat pelayanan kesehatan salah satunya klinik Ibnu Sina Km 7 Balikpapan, berdasarkan data terdapat penurunan kunjungan KB sejak tahun 2019 sampai tahun 2023 sebesar 45%, kunjungan akseptor KB ke Klinik dipengaruhi oleh kepuasan terhadap pelayanan KB yang terdiri aspek reliability, assurance, tangible, emphaty dan responsiveness. Tujuan penelitian : Mengidentifikasi gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan reliability, assurance, tangible, emphaty dan responsiveness di klinik Ibnu Sina Km 7 Balikpapan. Metode Penelitian : Pada metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh akseptor KB yang berkunjung ke Klinik Ibnu Sina Balikpapan periode bulan Maret-Mei 2024 yaitu sebanyak 150 orang. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 109 responden. Analisis data dengan distribusi frekuensi dan presentase dari masing-masing variabel. Hasil Penelitian : Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan reliability sebanyak 56,9% merasa puas, gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan assurance sebanyak 68,8% merasa puas. Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan tangible sebanyak 56,9% merasa puas. Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan emphaty sebanyak 65,1% merasa sangat puas. Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan KB berdasarkan responsiveness sebanyak 57,8% merasa puas. Simpulan : kepuasan pasien secara keseluruhan merasa puas dengan pelayanan KB berdasarkan aspek reliability, assurance, tangible dan aspek emphaty sangat puas. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan KB} }