@thesis{thesis, author={Alfan Afandi Afandi and Fatehah Rahma Agustin and Sri Wahyuni Wahyuni}, title ={PERBEDAAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG GIZI SEIMBANG MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI DI SD MARDI RAHAYU KABUPATEN SEMARANG}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/599/}, abstract={Latar Belakang: Masalah Gizi merupakan masalah kesehatan utama di Indonesia, Status gizi anak Indonesia dengan status gizi kurang sebesar 17,7%, sedangkan gizi lebih di Indonesia dapat dilihat berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT) umur 6-12 tahun18,4%. Di Jawa Tengah prevalensi anak dengan status gizi kurang di Jawa Tengah sebesar 16,2%. Pengetahuan gizi memegang peranan penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai masalah gizi dan kesehatan dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang, oleh karena itu pengetahuan dan pemahaman tentang gizi seimbang dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan gizi melalui media animasi. Tujuan peneliti adalah mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan tentang gizi seimbang melalui media video animasi di SD Mardi Rahayu Kabupaten Semarang. Metode: Penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan one group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas. 4,5, dan 6 SD Mardi Rahayu 01 sebanyak 93 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling didapatkan Sampel sebanyak 38 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test dependent. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang sebelum pemberian media video animasi adalah 20,58 sedangkan rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang sesudah pemberian media video animasi adalah 30,11. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan tentang gizi seimbang melalui media video animasi (p=0.000). Simpulan: Media video animasi berpengaruh terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang.} }