@thesis{thesis, author={Hasani Furdiyanti Nova and JANATI AQNAN and Oktianti Dian}, title ={ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI PERIODE 2019}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/694/}, abstract={Kepuasan pasien adalah suatu unsur yang dijadikan tolak ukur dalam menilai kualitas pelayanan dirumah sakit , sehingga setiap rumah sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit agar dapat memberi kesan yang baik kepada pasien. Menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik merupakan salah satu strategi untuk mencapai kesuksesan jangka panjang bagi rumah sakit. Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali Metode : Desain penelitian ini analitik deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah 100 responden. . Kuesioner kepuasan dalam 5 dimensi digunakan untuk mengumpulkan data yang di analisis secara univariate menggunakan SPSS dan rumus Arikunto Hasil :Tingkat kepuasan pasien di Instalasi farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali pada dimensi Tangible yang merasa puas adalah petugas berpakian yang bersih dan rapi (83%), dimensi Reliability pernyataan petugas farmasi melayani dengan ramah dan tersenyum 88,75% (puas), dimensi Responsivenes adalah tersedia nomor antrian untuk mendapatkan pelayanan obat 83,75% (puas) , dimensi Assurance adalah pernyataan obat yang diberikan terjamin kualitasnya 77,5% ( puas), dan dimensi Empaty adalah pernyataan petugas farmasi memberi pelayanan kepada semua pasien tampa memandang status sosial 80,75% (puas). Kesimpulan :Kepuasan pasien Di Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali merasa puas.} }