@thesis{thesis, author={Dyahariesti Niken and RIZQI RAHMAWATI NADIA and Yuswantina Richa}, title ={ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KE0FARMASIAN RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG}, year={2020}, url={http://repository2.unw.ac.id/704/}, abstract={Kepuasan konsumen adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa untuk setiap pelayanan yang diberikan. Kepuasan konsumen atau kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi Rumah Sakit tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan analisis yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Pengambilan data dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menggunakan 100 responden. Data yang diperoleh dihitung menggunakan metode servqual dan dipetakan kedalam diagram kartesius Hasil : hasil penelitian menunjukan bahwa nilai gap dimensi perhatian (Emphaty) sebesar 1,24 (puas), dimensi bukti langsung (Tangible) sebesar 1,15 (puas), dimensi jaminan (Assurance) sebesar 1,03 (puas), dimensi daya tanggap (Responsiveness) sebesar 0,99 (puas) dan dimensi kehandalan (Reliability) sebesar 0,97 (puas). Simpulan : Kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang dikategorikan puas dengan nilai rata-rata kenyataan 4,50 dan harapan 3,42.} }